Pilihan Keuangan Masa Kini, Yuk Kenalan Dengan Kartu E-Money

Pada era digital sekarang ini, seluruh aspek kehidupan tidak dapat terlepas dengan teknologi untuk mempermudah kehidupan. Kartu e money merupakan bentuk uang digital yang mulai banyak dipilih untuk melakukan proses transaksi masa kini. Banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi ini, membuat banyak proses transaksi dan jual beli sekarang beralih ke pembayaran digital. Sebelum menggunakannya anda bisa berkenalan terlebih dahulu dengan uang digital ini. 


 
Berkenalan dengan Uang Digital Yang Kini Banyak Digunakan
1. Sekilas Tentang Uang Digital
Uang digital merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk proses transaksi oleh banyak masyarakat. Berbeda dengan transaksi biasanya yang membutuhkan uang kertas atau koin, transaksi ini dapat dilakukan hanya dengan scan barcode ataupun aplikasi yang ada pada  smartphone anda. Uang yang digunakan berbentuk saldo yang dapat terpotong ataupun bertambah sendiri ketika anda melakukan transaksi tanpa repot mengeluarkan dompet. 


Di Indonesia, E-Money mulai hadir sejak tahun 2009 atas perizinan Bank Indonesia dengan peraturan yang diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/2/PBI/2009 mengenai uang elektronik. Namun uang digital ini mulai banyak digunakan pada tahun 2016 terbukti pada tahun tersebut tercatat ada 20 penerbit uang elektronik terdiri dari 9 bank resmi dan 11 lembaga lain selain bank. Jumlah ini terus bertambah seiring banyaknya yang menggunakan.


2. Jenis – jenis Uang Digital Yang Beredar di Indonesia
Di Indonesia, jenis uang digital yang beredar ada dua macam. Yang pertama adalah kartu prabayar yang diterbitkan oleh beberapa bank di Indonesia. Meski sama sama berisi saldo, kartu uang elektronik berbeda dengan kartu debet. Produk ini tidak memiliki pin dan nama pemilik, sehingga dapat dengan mudah dipindah tangankan. Biasanya, saldo maksimal dari uang digital yang diterbitkan bank sebesar satu juta rupiah, dan tidak dapat ditarik.


Produk uang digital selanjutnya berjenis dompet elektronik. Jika jenis produk yang pertama berbentuk kartu, jenis ini bahkan tidak perlu kartu untuk bertransaksi. Kedua jenis e-money memiliki fungsi yang sama. Anda bisa melakukan transaksi hanya dengan sebuah aplikasi yang yang bisa didownload pada smartphone. Cara penggunaanya pun cukup mudah, untuk membayar  tagihan anda hanya perlu melakukan scan barcode atau memasukkan pin pembayaran.


3. Fungsi dan Cara Memakai Uang Digital
Uang digital saat ini dapat digunakan untuk segala macam jenis transaksi. Dari pembayaran tagihan listrik, pembelian pulsa dan paket data hingga untuk membayar belanjaan di minimarket. Biasanya pusat perbelanjaan di tengah kota sudah banyak yang menambahkan fasilitas pembayaran dengan uang digital dengan tambahan berbagai macam promo. Promo ini diselenggarakan oleh pihak penerbit uang digital dalam bentuk diskon maupun cashback.


Cara penggunaan uang digital juga sangat mudah dilakukan. Pusat perbelanjaan yang sudah didukung dengan pembayaran jenis ini akan menyediakan mesin khusus atau barcode untuk membayar. Jika anda pengguna e-money berjenis kartu, anda bisa menggunakannya pada gerai yang memiiki mesin EDC untuk melayani pembayaran menggunakan uang digital. Sedangkan untuk pembayaran menggunakan dompet elektonik, anda bisa menscan barcode pembayaran.


Uang digital merupakan salah satu perkembangan teknologi yang mempermudah banyak orang. Tidak perlu lagi takut ketinggalan uang dan dompet ketika berbelanja, karena anda tetap bisa bertransaksi dengan mudah. Namun, saat ini tidak semua tempat yang menyediakan pembayaran menggunakan uang eletroknik. Anda tetap perlu membawa uang untuk berjaga-jaga jika tidak menemukan tempat yang menerima pembayaran dengan uang digital ini.

Disqus Comments