Diet Keto Adalah: Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Resiko dari Diet Keto

Diet keto adalah salah satu jenis diet yang bisa Anda lakukan dengan melewati beberapa prosedur yakni dengan mengatur pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet ini sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia karena dianggap sangat efektif dan juga cepat menurunkan berat badan. Akan tetapi satu informasi yang penting dan sangat perlu untuk Anda ketahui, apabila diet tersebut tidak dilakukan dengan cara yang benar akibat yang ditimbulkan juga sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali pertimbangan yang harus Anda ketahui apabila Anda ingin menurunkan berat badan dengan menjalankan diet keto. Anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk melakukan diet tersebut dan resiko yang mungkin Anda dapatkan apabila melakukan diet tersebut. Apabila Anda mengetahui dengan jelas mengenai cara untuk melakukan diet keto dan apa saja yang manfaat yang akan Anda dapatkan dari menjalankan diet tersebut, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk bisa menyesuaikan kondisi kesehatan fisik Anda untuk melakukan diet tersebut dengan serius.

Diet keto ini merupakan salah satu diet dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, tetapi meningkatkan konsumsi lemak. Sedangkan untuk konsumsi proteinya dilakukan dengan porsi cukup atau sedang. Sebenarnya ada tujuan tersendiri kenapa konsumsi lemak tinggi karena digunakan untuk mencapai ketosis. Dan saat kondisi tersebut maka tubuh akan membakar lemak yang merupakan sumber utama energi bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa penjelasan manfaat diet keto:

1. Mengontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes
Salah satu manfaat yang bisa dirasakan saat melakukan diet keto mampu digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengontrol gula darah. Saat melakukan diet keto asupan karbohidrat memang rendah sehingga dianggap sangat efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Tetapi supaya lebih aman, bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk selalu cek gula darah pada dokter sehingga kadar gula bisa terkontrol tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

2. Mengurangi Resiko Sakit Jantung
Manfaat kedua yang bisa dirasakan saat melakukan diet keto mampu digunakan untuk mengurangi resiko sakit jantung. Hal ini bukan tanpa alasan, jadi diet keto ini dipercaya bisa digunakan untuk menurunkan kadar insulin yang mampu untuk menurunkan produksi kolesterol dalam tubuh. Dengan kondisi kolesterol yang terkontrol maka juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau bisa juga hipertensi.

3. Mengurangi Resiko Terkena Gangguan Pada Saraf
Selain mampu digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan mengontrol gula darah, dengan melakukan diet keto dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi resiko terkena gangguan yang terjadi pada sistem saraf. Gangguan yang terjadi pada sistem saraf tersebut antara lain seperti gangguan waktu tidur, penyakit alzheimer sampai dengan penyakit parkinson.

Diet keto adalah salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi dengan catatan bahwa diet tersebut Anda lakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan. Cara yang benar untuk melakukan diet tersebut adalah Anda harus ikhlas untuk memangkas konsumsi karbohidrat setiap harinya. Jadi komposisi makanan Anda terdiri dari 20 % untuk konsumsi protein, 5 % untuk konsumsi karbohidrat dan 75 % untuk konsumsi lemak. Dan saat menjalankan diet keto ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi seperti ikan tuna, daging ayam, telur, salmon dan juga makarel. Selain itu bisa juga dilengkapi dengan beberapa makanan seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.
Disqus Comments